Keajaiban Alam, Hutan Hujan Purba di Antartika

0


Pakuan Pos - Antartika yang kita kenal sekarang merupakan benua yang sangat dingin, dengan suhu rata-rata tahunan sekitar -49 derajat Celcius. Di musim dingin, suhu bisa turun hingga -89 derajat Celcius, menjadikannya tempat yang sangat tidak cocok untuk kehidupan. Benua ini luasnya sekitar 14 juta kilometer persegi dan hampir 98% permukaannya tertutup lapisan es tebal. Ini adalah benua terdingin, terkering, dan paling berangin di dunia. 

Penemuan terbaru menunjukkan bahwa sekitar 90 juta tahun yang lalu, pada periode Kapur, Antartika sebenarnya merupakan hutan hujan yang hangat dan lembab. Hal ini merupakan hasil studi inti sedimen yang diambil dari dasar laut di Laut Amundsen di pesisir barat Antartika. Periode Kapur adalah periode dalam sejarah bumi yang berlangsung sekitar 145 hingga 66 juta tahun yang lalu. 

Ini adalah periode terakhir di Era Mesozoikum, dan merupakan periode yang sama dengan dinosaurus. Saat ini iklim bumi lebih hangat dan banyak daerah yang kini dingin justru merupakan hutan hujan yang lembab dan subur.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top