Bakso, dari Generasi ke Generasi

0

 


Pakuan Pos - Sejarah bakso diperkirakan berasal dari cerita di masa Dinasti Ming (1368-1644), Tiongkok (sekarang). Konon seorang pemuda bernama Meng Bo ingin memasakkan daging empuk dan lembut untuk sang ibu. Ia terinspirasi dari kue mochi, camilan yang terbuat dari ketan yang ditumbuk agar halus, sehingga makanan ini terasa lembut.

Meng Bo pun menumbuk daging yang alot, membentuk bulatan-bulatan kecil, dan dihidangkan bersama kaldu hangat. Ternyata makanan dari daging giling ini populer ke seluruh kota Fuzhou hingga ke seluruh Tiongkok. Zaman pun silih berganti, makanan ini secara turun-temurun diwariskan dari satu generasi ke generasi lain oleh bangsa Tiongkok. Dan akhirnya sampai di Indonesia melalui para pedagang Tiongkok. 

Di Indonesia bermunculan variasi bakso dari bakso urat, bakso ikan, bakso puyuh,bakso jamur, bakso beranak, bakso mercon dan banyak variasi lainnya. Bakso Malang dan Bakso Solo adalah 2 nama daerah yang umum digunakan para pedagang bakso yang menunjukkan asal daerahnya. Dari rakyat kecil sampai Presiden Amerika Serikat Barrack Obama pun menyukai bakso. 

Sekian semoga bermanfaat


Sumber : diolah dari berbagai sumber

Keterangan gambar searah jarum jam : kaisar Zhu Yhuanzang dari Dinasti Ming, Barrack Obama makan bakso, 1 porsi bakso, kota Fuzhou kota asal bakso

Tags

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top