Pesona Air Terjun Coban Sriti

0


Pakuan Pos - Air Terjun (Coban) Sriti terletak di Dusun Pronojiwo, Desa Pronojiwo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Letaknya berada di sebelah Barat Kota Lumajang dengan jarak mencapai sekitar 47 km.

Tinggi total air terjun diperkirakan sekitar 120 meter, meskipun belum pernah dilakukan pengukuran secara seksama. Hampir sama dengan ketinggian Coban Sewu yang lebih dulu fenomenal. Dimasa lalu coban Sriti memiliki air terjun ganda, tetapi belakangan ini terutama setelah Gunung Semeru memuntahkan lahar dingin Coban Sriti  menjadi satu air terjun saja dengan debit yang tetap besar, aliran satunya tidak lagi tampak

Curahan air terjun ini bersumber dari aliran Sungai Glidik dan Besukbang yang kadang juga disebut dengan nama Sungai Lengkong. Air Terjun Coban Sriti juga dikenal dengan nama Coban Wolu. Dinamakan Coban Sriti karena berada di kaki Gunung Kukusan Sriti. Sementara nama Coban Wolu disematkan kepadanya karena perlu menyeberangi sungai hingga delapan kali untuk mencapai air terjun ini. Pesona keindahannya selain karena ketinggian, tetapi dari tebing–tebing batu yang mengelilingi lokasi Coban Srti yang terlihat gagah menjulang ke langit dengan ketinggian sekitar 150 meter.

Coban Sriti tampak begitu megah karena dilingkari tebing hijau yang menjulang di ketinggian 150 meter. Sebenarnya tempat ini masih belum dikelola secara profesional sebagai tempat wisata. Alasannya adalah akses yang sulit dan risiko banjir lahar dari Gunung Semeru. Coban Sriti memiliki air yang sangat jernih. Namun kuatnya aliran air menjadikan lokasi kolamnya terlarang untuk melakukan aktivitas berenang bagi para pengunjung.

Jalur menuju Coban Sriti masih berupa tanah, sehingga harus ekstra hati-hati saat menapakinya,  selain itu di sebelah kirinya adaah jurang yang sangat dalam, tetapi sudah terdapat pagar keamanan yang terbuat dari bambu. Karena jalurnya sangat miring, maka di sepanjang jalur sudah disediakan juga tali untuk mempermudah traveler mencapai lokasi air terjun,

Rute untuk menuju lokasi Coban Sriti jika pemberangkatan awal dari pusat kota Lumajang bisa melalui Jalan Nasional Lumajang – Malang, lalu teruslah di jalur tersebut sampai Pronowijo. Dari pintu masuk utama Coban Sriti menuju lokasi air terjun atau Coban Sriti dibutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan. Hati-hati saat melewati jalur menuju lokasi utama air terjun ini, karena elevasi kemiringannya cukup tajam dan di sisi kiri masih berupa jurang. Untuk memudahkan pencarian lokasi ini sudah ditandai dalam Google Maps.

Untuk dapat memasuki lokasi wisata, pengunjung akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp 5.000. Itupun sudah termasuk biaya tarif parkir.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top