Memperkuat Hubungan Bilateral, KBRI Dili Gelar Event Run Historic Cross Border Indonesia - Timor Leste 2024

0



Wini, Pakuan Pos - KBRI Dili menggelar Lomba lari 12 km dari PLBN Wini ke Port Mahata Oecusse Timor Leste, Sabtu (6/07/2024). Event Run 12K Historic Cross Border Indonesia - Timor Leste adalah sebuah kegiatan yang tidak hanya sekedar ajang olahraga, melainkan juga sebuah simbolisasi dari ikatan persahabatan yang kuat antara warga Indonesia dan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL). 

Salah satu peserta Ichsan perwakilan SPP UNHAN RI diwawancarai media mengatakan ia mendapat kesempatan  tersebut berawal dari informasi di media sosial dan langsung mendaftar, ia pun saat ini juga kebetulan sedang bertugas di Atapupu Belu NTT dalam program Sarjana Penggerak Pembangunan Universitas Pertahanan (SPP UNHAN RI) tertarik mendaftar. 

"Kebetulan kami saat ini tergabung dalam tim Universitas Pertahanan  (UNHAN RI)  yang sedang ditugaskan di TPI Atapupu Belu, NTT, " ujarnya. 

Lomba ini bukanlah lomba biasa. Jarak 12 km yang akan ditempuh para pelari menjadi simbol dari perjalanan panjang dua negara dalam upaya terus memperkuat hubungan bilateral. Selain sebagai bentuk promosi kesehatan dan kebugaran, kegiatan ini diyakini sebagai salah satu momentum penting yang akan tercatat dalam sejarah persahabatan RI-RDTL.

"Alhamdulillah, Ini adalah momentum kesempatan bersejarah bagi kami bisa mengikuti Event Run  persahabatan lintas negara RI- RDTL (Timor Leste) dan kami berjumlah 10 orang dari total kuota kadet 150 UNHAN RI dapat menginjakkan kaki pertama sekali di negara ke 11 ASEAN ini, ", pungkas Ichsan. 

Menurutnya, Ini bukan sekadar perlombaan, namun sebuah langkah nyata dalam membangun jembatan budaya dan sosial yang berkelanjutan antara kedua bangsa.

"Persiapan ini menjadi lebih dari sekedar untuk perlombaan, tapi juga sebagai sarana untuk menunjukkan identitas dan komitmen mereka dalam mempererat hubungan dengan tetangga mereka di RDTL" ungkapnya. 

Penyelenggaraan lomba lari 12 km ini tidak hanya sebatas acara olahraga, melainkan sebagai kesempatan berharga untuk menggalang rasa persahabatan dan kebersamaan antara Indonesia dan RDTL. Melalui keringat, tawa, dan semangat bersama, event ini diharapkan menjadi langkah lanjut dalam memperkuat kerjasama dan persaudaraan antara dua negara yang berbatasan langsung. Semangat ini diharapkan terus berkobar, membawa pesan perdamaian dan persahabatan yang tulus di masa mendatang. (MI) 

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top