Situs Gua Liang Bua Manggarai Flores NTT

0

 


 


Pakuan Pos - Liang Bua merupakan sebuah gua batu kapur yang menarik dari beberapa gua karst yang berada di Pulau Flores, dikarenakan tempat ditemukannya mahkluk mirip manusia (hominim) baru yang dinamakan Homo Floresiensis atau Manusia Flores memiliki tinggi badan sekitar 100 cm dan beratnya hanya 25 kg. Penelitian tersebut dilakukan pada tahun 2001 dan merupakan kerjasama antara Pusat Penelitian Arkeologi Nasional bersama dengan University of New England, Australia. 

Selain itu, ditemukan juga artefak batu dan tulang-tulang binatang seperti stegodon (gajah purba), komodo, kura-kura, biawak dan sebagainya. Hingga saat ini penelitian mengenai arkeologi masih dilakukan oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang bekerjasama dengan institusi lain setiap tahunnya di tempat ini.

Liang Bua terletak di Desa Liang Bua, Kecamatan Rahong Utara, Kabupaten Manggarai. Gua ini memiliki ukuran panjang kurang lebih 50 m, lebar 40 m dan tinggi atap bagian dalam 25 m. Terletak sekitar 200 m dari pertemuan dua buah sungai besar yaitu Wae (sungai) Racang dan Wae Mulu.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top