Ekstrakurikuler Pencak Silat di SLB Negri Bogor, Yana Mulyana: "Gali Potensi dan Pelestarian Seni Budaya"

0



Bogor, Pakuan Pos - Pencak silat adalah warisan seni budaya bangsa Indonesia yang di wariskan para leluhur.Pelajaran pencak silat selain untuk membela diri dari serangan musuh juga bisa untuk kesehatan jasmani dan rohani serta menjadi sebuah ajang kejuaraan prestasi. Pencak silat mempunyai 4 aspek di dalamnya:

1. Aspek Spritual 

2. Aspek seni budaya

3. Aspek Olahraga 

4. Aspek prestasi 

Ada pesan kaidah-kaidah, filosofi tentang kehidupan yang di sampaikan pencak silat.

Ekstrakulikuler Pencak silat membangun karakter para siswa -siswi SLB sekolah luar biasa negeri Bogor. Pencak Silat adalah salah satu sarana pendidikan karakter yang mengarahkan siswa-siswi untuk mengembangkan potensi minat bakat dan sikap serta meminimalisir kegiatan negatif. 

Ekstrakurikuler pencak silat di pilih tidak hanya menitik beratkan pada aspek kognitif dan psikomotor tetapi juga aspek afektif yang berkaitan dengan nilai sikap dan perilaku. Penguatan karakter dalam pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang cemerlang di masa mendatang. Demikian dikatakan Yana Mulyana, pelatih Pencak silat dari PS. Pusaka Padjadjaran. 



"Alhamdulillah gayung bersambut saat dua orang tua siswa dari SLB Negeri Bogor bersilaturahmi ke perguruan silat Pusaka Padjadjaran kota Bogor beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 24 Oktober 2023, menyampaikan maksud dan tujuannya untuk meminta Yana Mulyana melatih para siswa -siswi SLB Negeri bogor di bulan November 2024. Ini sebagai upaya mengali potensi para Siswa-siswi didik maka selain pelajaran umum siswa -siswi SLB Negeri Bogor juga mendapat ekstra kurikuler pencak silat," Kata Yana Mulyana. Jum'at, (28/6/24). 

Menurutnya, Ini pengalaman baru dan menjadi sebuah tantangan yang harus di jawab dengan karya nyata penuh rasa kasih sayang dalam melatih siswa -siswi SLB. Menjadi suatu kebanggaan kami dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan bagi kami sebagai Pelatih pencak silat karena bisa berperan serta melatih mengamalkan pelajaran pencak silat kepada siswa -siswi SLB Negeri Bogor.

"Perlu di ketahui sekolah luar biasa salah satu target kami dalam upaya pengembangan, melestarikan seni budaya bangsa Indonesia khusus nya pencak silat.

Ini sebuah komitmen nyata untuk memberikan yang terbaik bagi siswa -siswinya," Katanya. 



Sekolah SLB Negeri Bogor salah satu sekolahan yang melaksanakan kegiatan Ekskul pencak silat. melatih siswa -siswi berkebutuhan khusus harus penuh ekstra kesabaran.Ternyata mereka (siswa -siswi SLB) mampu dan bisa tampil luar biasa. Ini menjadi bukti pencak silat mampu menjadi Ekstrakurikuler di SLB.

"Dampak dari ikut pencak silat motorik siswa siswi menjadi terasah bahkan ada perubahan perilaku yang positif, kepercayaan dirinya muncul dan mau melaksanakan dengan baik. Metode sederhana yang disampaikan kepada siswa siswi SLB untuk mengikuti dengan gerakan-gerakan pencak silat yang tidak terlalu banyak (gerakan anak-anak SLB tidak disamakan dengan anak normal), ujar kang Yana panggilan akrabnya. 

Dengan mereka bisa mengikuti walau tidak sempurna saja sudah bagus. Lanjutnya, Setelah melewati beberapa kali tahapan latihan dan pelatih menyarankan menghapal di rumah masing-masing. Sebagai bentuk tanggung jawab dan konsisten latihan mereka.

Untuk potensi siswa -siswi SLB yang ikut ekskul Pencak silat kami tampilkan di acara wisuda perpisahan siswa -siswi SLB Negeri Bogor pada hari Rabu tanggal 26 Juni 2024 di GOR Cibinong, hasilnya luar biasa mereka dapat menampilkan yang terbaik.

"Libatkan Allah SWT dalam segala hal, kesuksesan tidak tercapai dengan sekedar harapan atau keinginan semata melainkan melalui usaha yang sungguh- sungguh dan ketekunan yang tak kenal lelah," Ujarnya. 

Ucapan adalah Doa maka ucapkan hal yang baik baik saja.Semoga dengan mereka belajar pencak silat mendapatkan 

SA'ADAH (kebahagiaan), LATIF; sifat Alloh yang Maha Lembut dan penuh perhatian, dan BAROKAH karunia Alloh yang mendatangkan kebaikan bagi kehidupan manusia. 

"Saya berpikir dengan mereka belajar pencak silat semoga bermanfaat walau pun sedikit keilmuan yang saya punya, selain itu mereka pun berhak mendapatkan pelajaran seni budaya pencak silat dan prestasi," Pungkasnya. (Red)

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top