Obyek Wisata Alam Situ Cileunca

0


Pakuan Pos - Situ Cileunca merupakan obyek wisata alam dan danau buatan dengan luas 181 Ha serta berada pada ketinggian 1550 M dpl. Situ Cileunca terletak di Desa Wanasari, Kecamatan Pangelangan, Bandung, Jawa Barat.

Situ Cileunca bukanlah Danau yang terbentuk secara alami, Situ ini merupakan Danau buatan yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik dan sebagai cadangan air bersih bagi warga Bandung. Jika dilihat dari sejarahnya, pada awalnya kawasan Cileunca merupakan Kawasan Hutan Belantara yang dimiliki oleh seorang Belanda yang bernama Kuhlan (Ada yang mengatakan bahwa Kuhlan adalah Willem Hermanus Hooghland pemilik Borderij N.V. Almanak). 

Jika dilihat dari waktu pembangunannya, Situ Cileunca berhubungan dengan keberadaan Pemancar Radio Malabar yang berada di sekitar kawasan Pangalengan yakni di Gunung Puntang. Pembangunan Situ Cileunca memakan waktu selama 7 tahun diperkirakan antara tahun 1919-1926. Membendung aliran Kali Cileuca dan dialirkan melalui Bendungan Dam Pulo.

Pada zaman dahulu, Situ Cileunca sudah dijadikan sebagai tempat wisata oleh orang Belanda, Para wisatawan ketika itu biasanya berenang di tepian atau menaiki perahu berkeliling danau. Dahulu pernah ada kapal Belanda yang dipenuhi oleh wisatawan tenggelam di Situ Cileunca. ketika Situ Cileunca disurutkan untuk maintenance bendungan, warga menemukan bagian dari kapal belanda tersebut di dasar danau.

Satu lagi yang menarik adalah sebuah jembatan permanen yang panjang membentang. Jembatan ini disebut dengan Jembatan Cinta. Asal muasal pembentukan jembatan ini adalah untuk mempermudah akses antara Desa Pulosari dan Desa Wanasari, yang terpisah karena adanya Situ Cileunca. Biasanya pada sore hari, jembatan ini dikunjungi oleh pasangan muda – mudi dari kedua desa, sehingga jembatan ini diberi nama Jembatan Cinta.

Mengutip dari situs Situ Cileunca, Situ Cileunca terbagi menjadi 8 area wisata. Setiap area wisata mempunyai pintu tiket berbeda. Berikut harga tiket masuk ke 8 area wisata di Situ Cileunca :

1. Objek Wisata Situ Cileunca, Harga Tiket Masuk : Rp. 6.000,-/orang ( belum termasuk parkir )

2. Teras Danau, Harga Tiket Masuk : Rp. 15,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

3. Shifa Camp, Harga Tiket Masuk : Rp. 10,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

4. Cileunca Lakeside, Harga Tiket Masuk : Rp. 10,000,-/orang (belum termasuk parkir & perahu danau)

5. Hutan Pinus Rahong, Harga Tiket Masuk : Rp. 10,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

6. Kampung Singkur, Harga Tiket Masuk : Rp. 10,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

7. Wisata kebun Situ Cileunca, Harga Tiket Masuk : Rp. 10,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

8. Jembatan Cinta, Harga Tiket Masuk : Rp. 5,000,-/orang ( belum termasuk parkir )

Untuk memudahkan pencarian lokasi situ Cileunca, tempat ini sudah ditandai dalam Google Maps

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Terima !) #days=(20)

Our website uses cookies to enhance your experience. Baca Lebih Lanjut
Accept !
To Top